A. Pengertian company profile
Company profile adalah sesuatu yang menjelaskan tentang sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, tujuan perusahaan, kelebihan perusahaan, produk yang dihasilkan, bergerak dalam bidang apa, dan lainnya yang mengenai perusahaan.
B. Latar belakang
company profile memilliki peranan sangat penting bagi sebuah perusahaan yang melakukan bisiness to business karena dapat mempresentasikan visi dan misi perusahaan atau apa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. selain itu manfaat lain dari company profile sebagai sarana presentasi adalah dapat mempersingkat pertemuan sehingga klien tidak perlu bertanya secara langsung.
C. Maksud dan tujuan
maksud dan tujuan dalam pembelajaran ini adalah agar kita dapat memahami dan mengerti apa yang dimaksud dengan company profil itu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
D. Pembahasan Company profile
Company profile (Profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan
gambaran tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah
bisnis. Sebuah profil perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman,
atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun
ada sejumlah format yang berbeda yang digunakan menyusun sebuah profil,
ada beberapa jenis informasi penting yang wajib disertakan.
Setiap jenis laporan profil perusahaan, informasi kontak selalu
disertakan. Informasi kontak mungkin tidak lebih dari sekedar alamat
fisik dan surat untuk kantor pusat perusahaan, atau mungkin termasuk
nama dan alamat dari petugas atau eksekutif tertentu dari perusahaan.
Biasanya nomor telepon dan nomor faks juga dimasukkan dalam data kontak
dasar. Dalam beberapa tahun terakhir, alamat email dan informasi umum
juga dianggap penting dalam sebuah profil perusahaan.
Selain informasi kontak, profil perusahaan biasanya mencakup beberapa
informasi tentang latar belakang dan sejarah dari bisnis yang
bersangkutan. Ini termasuk data mengenai kapan perusahaan itu dibentuk,
nama-nama pendiri, dan bagaimana perusahaan tumbuh berkembang dari
pertama kali didirikan. Kadang pernulisan prosa perjalanan jatuh bangun
dari sebuah perusahaan di sangkut-pautkan dengan perkembangan bisnis
terkait pada saat terkini. Meski sebuah company profile tidak mencakup
sejarah yang sangat lengkap, hal itu seringkali telah dianggap cukup
untuk memberi pembaca gambaran tentang perusahaan tersebut melewati
tahun tahun perkembangannya.
Company Profile juga seringkali menyertakan beberapa statistik umum
berkaitan dengan status bisnis. Hal ini dapat mencakup informasi seperti
jumlah pabrik, kantor, atau operasi lain yang saat ini dimiliki
perusahaan. Selain itu jumlah karyawan disebutkan, bersama dengan
nominal statistik pendapatan yang dihasilkan selama tahun fiskal
terbaru.
Profil perusahaan juga bisa memasukkan data mengenai rencana masa
depan bisnis. Profil dapat mendiskusikan rencana untuk ekspansi masa
depan dalam hal lokasi, produk atau jasa baru yang diantisipasi akan
ditawarkan dalam waktu dekat, atau rencana untuk merestrukturisasi
operasi sebagai bagian dari strategi untuk memastikan keberhasilan
lanjutan dari bisnis. Namun, profil perusahaan tidak mungkin untuk
memasukkan informasi pada setiap rencana yang belum dibahas dan
disetujui oleh pemegang saham dan pemimpin lain di perusahaan. Semua
data yang ditemukan dalam profil perusahaan dianggap dalam domain
publik, dan bebas tersedia untuk siapa saja.
Banyak perusahaan memperbarui profil mereka setidaknya sekali
setahun. Hal ini penting, karena pekerja perusahaan tersebut dapat
pensiun atau pemilik bisnis memilih untuk meninggalkan bisnisnya, atau
terkadang lokasi bisnis yang kapan saja dapat membuka dan menutup
selama beberapa waktu. Dengan menjaga data, profil dapat dimanfaatkan
oleh orang-orang yang mempertimbangkan kerja sama bisnis, transaksi
bisinis, atau bahkan untuk membeli saham yang dikeluarkan oleh
perusahaan.
E. Kesimpulan
Company profile bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. Karena hal itu merupakan salah satu media informasi bagi para pelanggan serta investor untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Semakin banyak pengetahuan pelanggan serta investor tentang perusahaan tersebut, dapat berdampak positif bagi perusahaan. Untuk menambah kepercayaan pelanggan serta investor, diperlakukan sebuah company profile yang menarik dilihat dengan memperhatikan tampilan layout, pemilihan warna, serta kata.
F. Referensi
https://ilmuteknologimultimedia.wordpress.com/2013/05/14/pengertian-company-profile/
Jumat, 17 Februari 2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar