- latar belakang -
Multimedia merupakan suatu sarana komunikasi yang berupa gabungan dari text, gambar, animasi, video dan audio. Contoh dari bentuk-bentuk multimedia ini sebagai berikut : video komersial, advertisement, animasi flash, trailer video, dan banyak hal-hal lainnya. Multimedia dimana pengguna/pemakai dapat berinteraksi dengan komponen-komponen dalam multimedia tersebut dinamakan interactive multimedia, Contoh : website, dst. Multimedia menggunakan komputer untuk menyajikan gabungan text, gambar, video, dan audio.
-maksud dan tujuan-
Agar pembaca dapat lebih memahami dan mengerti apa yang di maksud dengan multimedia, sejarah multimedia.
- alat dan bahan-
1. komputer/laptop
2. jaringan internet
3. materi yang akan dibahas
-jagka waktu-
Tergantung dari daya pemahaman kita untuk memahami dan menelaah materi yang akan kita pelajari.
-pembahasan-
1. pengertian multimedia
A. DEFINISI MULTIMEDIA MENURUT
ETIMOLOGI
Istilah multimedia muncul melalui
media masa diawal 1990. Istilah ini dipakai untuk menyatukan teknologi digital
dan analog dibidang entertainment, publishing, communications,
marketing, advertising, dan juga commerce. Multimedia
merupakan penggabungan dua kata ”multi” dan “media”. Multi berarti “banyak”
sedangkan media atau bentuk jamaknya berarti medium.
Banyak batasan yang diberikan orang
tentang media. Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak
dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar.
Sadiman (2007:6) mengemukakan bahwa media adalah perantara atau pengantar pesan
dari pengirim ke penerima pesan. Sedangkan Asosiasi Teknologi dan Komunikasi
Pendidikan (Association of Education and Communication Technology/AECT) di
Amerika dalam Sadiman (2007:6), membatasi media sebagai salah satu bentuk dan
saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi.
Heinich, dkk dalam Arsyad (2009:4)
mengemukakan istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara
sumber dan penerima. Medium adalah entitas yang dilewati oleh sesuatu.
Contohnya medium artistik (lukisan, sculpture) adalah kendaraan para
arti untuk menyampaikan idenya. Contoh lainya adalah “media masa” yaitu
kanal komunikasi dan informasi.
Multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan
informasi dala bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Secara etimologi/bahasa :
- Multi berarti banyak
- Media berati perantara
B. DEFINISI MULTIMEDIA MENURUT PARA
AHLI
- Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara, gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
- Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
- Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
- Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
- Kamus Informasi dan Teknologi karangan Dudy Misky (2005:180) mendefinisikan multimedia sebagai suatu PC, sistem dokumen, dan lain-lain yang mengkombinasikan teks, grafik, suara, film atau media lain.
- Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
- Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to computer data storage devices, especially those used to store multimediantent (wikipedia.org).
- Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008 )
C.DEFINISI MULTIMEDIA MENURUT
ICT
Multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
D. KOMPONEN UTAMA MULTIMEDIA
Empat komponen utama multimedia :
- Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai
- Links, yang menghubungkan dengan informasi
- Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan
- Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai
Adapun terdapat komponen-komponen Multimedia secara garis besar sesuai dengan penggunaan atau aplikasi program multimedia komputer antara lain :
Text
Media text merupakan media yang paling mudah disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan memori untuk menyimpannya.
Jenis media text :
1.Plain Text
Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embed di dalamnya.
- Rich Format Text
- Hyper Text
– bersifat linking
dokumen satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain
-non linear
kita bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua contoh hyper text yang sangat populer saat ini:
i. HTML Hyper text markup language, kegunaannya:
- control tampilan web
- mendukung link
- mampu menambah object ii. XML
- sederhana dan terstruktur
- cepat dan portable
- mudah di-maintenance
- Gambar (graphics)
Ada dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis vector dan berbasis bitmap.
- vector
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
- bitmap
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar
Secara garis besar dan referensi Konsep dasar multimedia terdiri atas video dan audio, yang akan dijelaskan dalam penulisan dibawah ini :
Audio berarti “suara” atau “reproduksi suara”. Dalam ilmu fisika, suara adalah bentuk energi yang dikenal sebagai energi akustik. Secara khusus, mengacu pada rentang frekuensi yang dapat dideteksi oleh telinga manusia – sekitar 20Hz to 20kHz. Frekuensi 20Hz merupakan nada suara terendah (bassiest) yang kita bisa dengar, dan 20kHz merupakan nada tertinggi yang kita bisa dengar. Audio juga berarti system system perkaman atau penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi , amplifier dan lain2.
MENGAPA MULTIMEDIA?
Multimedia dapat digunakan dalam:
1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
3. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.
Multimedia mampu:
1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, dan masih banyak agi.
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
- sejarah multimedia-
· Istilah
multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
· Sistem
multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple
pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat
lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
· Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari
700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
· Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk
mendapatkan output dalam bentuk yang
jauh lebih kaya dari pada media table
dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video
bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat
musik.
· Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif,
memungkinkan pemakai memilih output
dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan
aplikasi itu.
Kelebihan Multimedia
Dari berbagai media informasi, multimedia
memilki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh penyajian
media informasi lainya.
Kelebihan dari
multimedia adalah menarik
indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan
gerakan.
Lembaga riset dan penerbitan komputer
yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu
mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang
mengingat 50 % dari yang dilihat dan
didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
SEJARAH PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DI INDONESIA
-kesimpulan-
uraian tentang multimedia di atas merupakan uraian yang harus kita ketahui ssebelum melanjutkan materi yang lain karena materi ini merupakan dasar dari materi selanjutnya,semoga dengan materi ini dapat membantu kita semua dan bermanfaat buat kita semua.
- refrensi-
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
2. http://tokoilmu7.blogspot.co.id/2012/11/sejarah-multimedia.html
3. http://meiditha.blogspot.co.id/2014/08/sejarah-multimedia.html
4. https://cicilianoviana.wordpress.com/2012/10/07/materi-etimologi-multimedia-smk/
Setelah satelit Palapa C1 dan C2 diluncurkan beberapa tahun yang lalu,
banyak perkembangan-perkembangan baru yang terjadi. Misalnya ditaburkannya
satelit komunikasi diatas langit Indonesia oleh perusahaan-perusahaan asing
yang mana pengusaha Indonesia juga terlibat dalam kepemilikan sahamnya, seperti
PT. Bakri Communication Corporation pada Irridium Project, sebuah proyek
telepon satelit dunia untuk memecahkan masalah blank spot pada telepon selular
biasa, AMPS atau GSM. Indosat pun masuk menjadi salah satu pemodal pada
konsorsium ICO Global Communication (ICO-GC), sebuah telepon satelit setelah
Irridium. Diluar Indonesia, Microsoft juga merambah industri satelit layanan
komunikasi yang lain, seperti internet, video conference atau video on demand.
Dan proyek Microsoft yang terkenal saat ini adalah CyberStar atau Internet di
Angkasa.
Meskipun di Indonesia layanan multimedia sudah beroperasi, tetapi terminology
mengenai multimedia sendiri masih sempit di dalam benak masyarakat Indonesia.
Teknologi multimedia selalu diasosiasikan dengan Personal Computer (PC).
Padahal pengertian sebenarnya sangat luas. Multimedia merupakan keterpaduan
teknologi informasi (misalnya komputer) dengan teknologi komunikasi (misalnya
jaringan kabel coaxial atau satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan etimologi
kata, multimedia terdiri dari kata multi dan media. Multi berarti beragam,
sedangkan Media berarti sarana penyampaian informasi. Jika sebuah PC disebut
multimedia, maka PC tersebut memiliki kemampuan menampilkan gambar bergerak dan
suara, misalnya dari Video Compact Disc, Audio Compact Disc, serta dapat
berkomunikasi antar komputer atau jaringan komputer melalui modem.
Di Indonesia, perkembangan multimedia tidak lagi hanya di bidang bisnis tetapi
juga dikembangkan dibidang pendidikan, politik, jurnalistik, dll. Hampir setiap
sekolah atau universitas di kota-kota besar di Indonesia memiliki ruang
multimedia sendiri yang digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan
melek teknologi bagi siswa-siswi di Indonesia. Di bidang politik, para pejabat
juga memanfaatkan teknologi teleconference sebagai diplomasi jarak jauh.
-kesimpulan-
uraian tentang multimedia di atas merupakan uraian yang harus kita ketahui ssebelum melanjutkan materi yang lain karena materi ini merupakan dasar dari materi selanjutnya,semoga dengan materi ini dapat membantu kita semua dan bermanfaat buat kita semua.
- refrensi-
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
2. http://tokoilmu7.blogspot.co.id/2012/11/sejarah-multimedia.html
3. http://meiditha.blogspot.co.id/2014/08/sejarah-multimedia.html
4. https://cicilianoviana.wordpress.com/2012/10/07/materi-etimologi-multimedia-smk/
0 komentar:
Posting Komentar